Hasil MusDesSus Pemutakhiran Data SDG,s Jumlah Individu Desa Sido Urip Berjumlah 1.879.

  1. VoiceBengkulu.Com Pada Hari Selasa tanggal 22 Juni 2021 Pemerintah Desa Sido Urip Kecamatan Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) Penetapan Hasil Pemutakhiran Data SDGs Desa Tahun 2021 di Balai Desa Sido Urip.


Musdesus dipimpin ketua BPD  dengan didampingi Kepala Desa Totong Targana, Pendamping Desa Kecamatan dan penyampaian pelaksanaan kegiatan pendataan dilakukan oleh Sekdes selaku Ketua Tim Pokja Pemutakhiran Data SDGs Desa.
Tujuan dari Musdesus penetapan hasil pemutakhiran data SDGs desa bertujuan untuk memperoleh data yang valid, objektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian data tersebut dapat digunakan sebagai dasar dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa.

  1. Secara rinci terdapat 4 instrumen yang digunakan.
    Pertama, pendataan pada tingkat desa, yakni dengan instrumen kuesioner desa, dengan petugas pendata perangkat desa yang mengisi kuesioner sesuai keadaannya.
    Kedua, pendataan pada tingkat Dusun, dengan instrumen kuesioner kadun dan pendata Kepala Dusun dan petugas pendata yang ditugaskan mengisi kuesioner sesuai keadaan yang ada dalam wilayah kadun.
    Ketiga, pendataan pada tingkat keluarga dengan instrumen kuesioner keluarga dan pendata anggota Pokja Relawan Pendata Desa yang bertugas menanyakan ke keluarga pada satu wilayah Dusun
    Keempat, pendataan pada tingkat individu dengan instrumen kuesioner individu dan pendata anggota Pokja Relawan Pendata Desa yang bertugas menanyakan kepada anggota keluarga pada satu wilayah Dusun
  2. Pemutakhiran data berbasis SDGs desa merupakan program yang dicanangkan oleh Kemendes PDTT sesuai dengan Permen PDTT Nomor 21 Tahun 2020. Hal ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data. Sekdes Desa Sido Urip Hartoyo S.Pt yang di dampingi Kepala Desa menerangkan bahwa  Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa ini merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detail dan lebih mikro. Dengan begitu, upaya ini dapat memberikan informasi lebih banyak dan sebagai proses perbaikan karena berisi data pada tingkat Kadun, keluarga, dan individu.
    Hasil Musdessus Desa Sido Urip berdasarkan penetapan data maka jumlah KK sebanyak 570 Kepala Keluarga,  dan jumlah akhir hasil pendataan sebanyak 1.879 individu.

author

Author: