PemDes Tanah Tinggi Laksanakan MusDes RKPdes Untuk Tahun 2021.

VoiceBengkulu.Com . Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa Tanah tinggi menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) Tahun Anggaran 2022.

Bertempat di Balai Pelatihan desa setempat, Jumat 24 September 2021 Musdes dihadiri oleh BPD dan anggotanya, kepala desa beserta perangkatnya, ketua RT, Pendamping Desa, LPM, Lembaga Pendidikan, PKK, Posyandu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Camat kecamatan padang jaya yang baru Maman suherman.
Babinsa untuk Desa Tanah Tinggi Sumaryanto.

Pelakasanaan Musdes RKP-Desa mengacu pada Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan Desa dan Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa. Musdes RKP-Desa bertujuan menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Tanah Tinggi untuk tahun anggaran 2022 yang akan datang.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Suherman dalam sambutan sekaligus membuka acara tersebut, berharap “Musyawarah RKP desa ini sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa.
“,Walaupun desa Tanah Tinggi masih berusia sangat muda tetapi Desa Tanah Tinggi bisa sejajar dengan Desa-desa yang berada di bengkulu utara,” Ujar Camat padang jaya.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Tanah Tinggi Karjan menyampaikan “Pada saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 sehingga banyak pekerjaan di tahun 2021 harus terpotong, dikarenakan sebagian besar anggaran harus terfokus pada penanggulangan Covid-19 yang disesuaikan dengan Peraturan Menteri Desa, selain itu Pemerintah Desa diwajibkan dan harus menggelar Rapat Kordinasi tentang pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2022 serta kami akan berusaha untuk merealisasikan rencana dan program kerja demi kemajuan Desa Tanah Tinggi”

Musdes tersebut menyepakati pembentukan tim penyusun RKP-Desa. Dalam keanggotaan tersebut diambil dari perwakilan perangkat desa, PKK, Posyandu, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama yang tentunya memperhatikan keterwakilan perempuan dalam keanggotaan tersebut.
Adapun rencana pembangunan ditahun 2022 diantaranya pembukaan badan jalan, pembuatan pelapis tebing didepan Mushola RT 9, pembuatan jembatan plat deker di RT 10 dan berbagai pembangunan yang di anggap penting.
Camat kecamatan padang jaya Maman Suherman mengapresiasi terlaksananya Musdes RKP-Desa Tanah Tinggi Beliau berharap dengan terbentuknya tim RKP-Desa dan tim verifikasi kedepannya dapat bekerja secara maksimal sehingga RKP-Desa bisa menyerap aspirasi dari lapisan masyarakat yang paling bawah.
Sekretaris Desa tanah Tinggi sebagai pemandu kegiatan Musdes menjelaskan bahwa pada sebelum ini telah dilaksanakan pra musdes RKPdes dan hari ini adalah penetapan hasil Musdes RKP-des.

author

Author: