Mengenal Asuransi Pendidikan untuk Anak: Prudential, AXA, Manulife

tirto.id – Memiliki asuransi untuk pendidikan anak sangat penting untuk menyiapkan masa depan buah hati lebih dini. Penting disiapkan karena pendapatan bisa saja terhenti suatu waktu karena hal yang tak diinginkan, sementara biaya pendidikan anak setiap tahun selalu naik. Perlu kita ketahui, biaya pendidikan tak hanya iuran dan biaya gedung saja. Pengeluaran kebutuhan pendidikan lain seperti, buku, seragam, alat tulis, dan biaya lainnya juga perlu diperhitungkan. Oleh karena itu, asuransi pendidikan merupakan suatu penunjang masa depan anak yang sangat penting. Namun, kenyataannya banyak orang tua yang belum mau menggunakan jasa asuransi pendidikan. Karena subsidi sektor pendidikan yang telah diberikan pemerintah, dan anggapan asuransi yang dinilai terlalu mahal. Kemungkinan-kemungkinan buruk seperti orang tua meninggal, kecelakaan hingga cacat, PHK, atau pensiun saat anak masih dalam bangku pendidikan dapat mengorbankan pendidikan anak. Fungsi asuransi pendidikan anak adalah jaminan dana pendidikan anak hingga perguruan tinggi. Berikut merupakan daftar asuransi pendidikan untuk anak yang bisa diambil dan dipertimbangkan: 1. PRUlink Edu Protection PRUlink Edu Protection merupakan program asuransi pendidikan Prudential.
Program ini memberikan santunan dana setiap bulannya ketika risiko buruk terjadi. Dana investasi dalam program ini terus berkembang, serta pembayaran premi dilanjutkan jika terjadi risiko buruk terjadi. Setiap bulan PRUlink Edu Protection mengangsur biaya minimum sebesar Rp500.000/bulan, serta usia masuk tertanggung anak dari umur 1 hari hingga 15 tahun. Masa perlindungan untuk anak jika orang tua mengalami sesuatu yang tak diinginkan misalnya meninggal dunia sebelum berusia 99 tahun, atau jika orang tua mengalami kecelakaan hingga menyebabkan cacat sebelum berusia 70 tahun dan anak masih berusia 6 tahun akan mendapatkan maksimum manfaat bulanan Rp30 juta/polis, usia perlindungan anak hingga usia 18 atau 25 tahun, serta kenaikan manfaat bulanan 15 persen per 3 tahun. 2. PRUlink Syariah Edu Protection PRUlink Syariah Edu Protection juga merupakan program asurasi pendidikan Prudential, dengan minimum premi Rp500.000/bulan, usia tertanggung anak yang didaftarkan dari usia 1 hari hingga 15 tahun. Masa perlindungan program ini hingga orang tua meninggal dunia sebelum berusia 99 tahun, atau jika orang tua kecelakaan hingga cacat total sebelum berusia 70 tahun, dan anak yang diasuransikan berusia 6 tahun. 3. Axa Smart Kidz Program asuransi anak dari Axa memiliki masa tanggungan anak selama 25 tahun, dengan minimum premi yang dibayarkan tiap bulan sebanyak Rp300.000/bulan. Usia masuk anak yang ditanggung mulai dari 17 tahun hingga 59 tahun.
Program asuransi ini memiliki 3 manfaat yakni, 100 persen uang pertanggungan meninggal dan manfaat tambahan yaitu pengembalian premi dasar dan premi top up yang dibayarkan, jika orang tua mengalami kecelakaan hingga cacat total, kedua anak tertanggung akan mendapatkan 100 persen uang pertanggungan anak, ketiga anak akan mendapatkan 100 persen uang pertanggungan orang tua meninggal dengan manfaat dana investasi yang sudah terbentuk. 4. Manulife Education Protector (MEP) MEP merupakan program asuransi anak dari PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (AJMI), yang mana memiliki persyaratan usia pemegang polis minimum 18 tahun, masa pertanggungan polis hingga usia tertanggung 70 tahun atau hingga masa berakhirnya perjanjian Polis. Masa pembayaran dapat dipilih oleh nasabah 5 atau 10 tahun, masa pembayaran premi selama 45 hari kalender sejak tanggal jatuh tempo pembayaran premi dasar, yang mana polis tetap berlaku walaupun premi belum dibayar lunas, serta nilai polis yang diangsurkan berasal dari alokasi investasi, dan top up berkala. Berikut merupakan manfaat Manulife berdasarkan kondisi kecelakaan tertentu: Manfaat asuransi yang ditawarkan Manulife ketika orang tua tertanggung meninggal atau menderita cacat total, anak akan diberikan biaya pertanggungan, pembebasan kewajiban pembayaran premi dasar hingga masa pembayaran premi berakhir.
Jika orang tua tertanggung meninggal atau menderita cacat total sebelum masa pembayaran premi sebelum anak usia atau saat anak berusia 18 tahun, maka mamfaat polis asuransi adalah pembayaran uang pertanggungan, pembayaran terjadwal dana pendidikan ketika anak berusia 6 tahun, 12 tahun, dan 15 tahun besaran jumlah uangnya tidak dijamin karena tergantung nilai polis. Pembayaran dana pendidikan anak berusia 18 tahun akan dijamin seratus persen. Ketiga, jika orang tua tertanggung meninggal atau cacat total setelah anak berusia 18 tahun, manfaat polis asuransi pembayaran pertanggungan, serta nilai polis hingga polis berakhir. Jika anak sebagai tertanggung meninggal sebelum usia 18 tahun manfaat polis bagi anak adalah pembayaran uang pertanggungan, pembayaran terjadwal dana pendidikan ketika anak berusia 18 tahun, target dana pendidikan akan dibayarkan langsung 100 persen. Terakhir, jika anak meninggal atau menderita cacat total setelah 18 tahun, maka manfaat polis adalah pembayaran uang pertanggungan, nilai polis hingga polis berakhir. Sebelum, membeli produk ini, nasabah dapat menentukan terlebih dahulu target dana pendidikan yang dibutuhkan saat anak berusia 18 tahun yang akan dijamin pembayarannya oleh orang tua.

Baca selengkapnya di Tirto.id dengan judul “Mengenal Asuransi Pendidikan untuk Anak: Prudential, AXA, Manulife”, https://tirto.id/mengenal-asuransi-pendidikan-untuk-anak-prudential-axa-manulife-csFE.

Follow kami di Instagram: tirtoid | Twitter: tirto.id

author

Author: