KKPJ Dukung Terwujudnya Pendidikan Berkualitas Di Jakarta

Jakarta: Kolaboraksi Komunitas Pendidikan Jakarta (KKPJ) mendukung terwujudnya pendidikan berkualitas di DKI Jakarta. Sejumlah komunitas pendidikan ini menyepakati kolaborasi untuk bersama-sama memajukan pendidikan formal maupun nonformal bagi seluruh warga Jakarta.

Koordinator KKPJ Triwahyu mengatakan, sinergi antar komunitas menjadi penting untuk menjadi jawaban atas permasalahan pendidikan yang terjadi di Jakarta. Komunitas bukan pesaing ataupun lawan dalam bidang tersebut, namun sebagai rekan yang dapat membantu pengembangan pendidikan di Jakarta.

“Seperti yang kita tahu, banyak di antara kami yang memiliki kesamaan program ataupun tujuan. Oleh sebab itu, kenapa kita tidak bekerja sama dan berkolabor-AKSI untuk memajukan pendidikan di Jakarta. Ini kan sama seperti prinsip gotong royong yang sangat kental bagi rakyat Indonesia,” kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 1 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Untuk itu, KKPJ menggelar Festival Pelajar Kreatif di SMP 102 Jakarta Timur yang diisi dengan pengenalan dan lomba mengenai literasi dengan pengisi FLP (Forum Lingkar Pena (FLP). Selain itu, ada sharing mengenai kesehatan reproduksi yang diampu oleh komunitas peduli kesehatan reproduksi khusus remaja, Youthizen.

Selanjutnya KKPJ melaksanakan Festival Liburan Ceria di RPTRA Cipinang Besar Utara. Berbagai kegiatan mulai dari lomba mewarnai untuk anak hingga talkshow parenting dilakukan guna menciptakan hari libur yang produktif dan kreatif bagi anak dan orang tua, khususnya masyarakat Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur.

KKPJ juga membuat deklarasi yang berisi tentang kesiapan para komunitas untuk berkontribusi meningkatkan pendidikan yang berkualitas. Selain itu, mereka sepakat untuk berkontribusi menumbuhkembangkan kreatifitas dan generasi muda melalui pembinaan berkelanjutan.

Deklarasi tersebut kini telah ditandatangani oleh enam komunitas pendidikan di Jakarta, yaitu Komunitas Ayo Mengajar, FLP Jakarta, Komunitas Yayasan Rumah Kita (eRKa), Komunitas Rumah Imajinasi Literasi Anak, Forum Anak Jatinegara dan GreatEdu.

“Ke depannya, melalui pertemuan-pertemuan rutin yang dijadwalkan, KKPJ akan merumuskan program yang bukan hanya menyasar pada peserta didik atau siswa, tapi para relawan dari komunitas pendidikan di Jakarta. Tentunya, KKPJ membuka pintu selebar-lebarnya bagi komunitas lain yang belum bergabung bersama,” tutup Triwahyu.

author

Author: