Sesuai PMK No 50 Tahun 2020 Pemdes Lubuk Balam Tambahkan Kuota Penerima BLT-DD.

VoiceBengkulu.Com. Pemerintah Desa Lubuk Balam Kecamatan Air Besi Akan menambah jumlah penerima BLT-DD sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No 50 tahun 2020.

Kepala Desa Lubuk Balam Sarkawi, S.Pd, M.I.Kom menjelaskan kepada awak media penambahan jumlah penerima ini bukan karena adanya Aspirasi Masyarakat atau aksi masyarakat (demo) pada hari rabu 10 juni 2020 yang dilakukan warganya. Tetapi sesuai dengan aturan yang ada karena Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini penanggung jawab sepenuhnya ada di tangan kepala desa dan harus di pertanggungjawabkan.
Sesuai dengan regulasi aturannya ada PMK No 40 Tahun 2020 maka pemerintahan desa lubuk balam melakukan musyawarah bersama BPD, tokoh masyarakat dan unsur petinggi di tingkat desa termasuk pihak pemerintahan kecamatan serta pihak polri dan tani maka muncullah 43 kk yang berdasar hasil musyawarah tersebut. Pada tanggal 27 juni 2020 pemerintah desa lubuk balam bersam pihak kecamatan membagikan blt tahap pertama yang berhak menerima dari jumlah yang sudah di tentukan 43 kk. Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sukses.

Penambahan penerima BLT DD sejumlah lebih kurang 99 KK juga berdasarkan hasil musyawarah serta berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No 50.
Dalam hal ini perlu saya tegaskan bahwa meskipun masyarakat tidak melakukan aksi unjuk rasa (demo) kami pemerintahan desa tetap melakukan penambahan penerimaan BLT DD desa lubuk balam. Kerena kami sebagai permerintahan tentu dalam hal menjalankan atau berpedoman sesuai aturan aturan yang ada.
Kerena perinsipnya saya selaku kepala desa yang mana pimpinan didesa lubuk balam memang tugas dan tangung jawab saya atas kesejahteraan masyarakat apabila yang mana saat ini bahwa masyarakat sangat membutuhkan bantuan kerena terdampak covid 19. Namun saya selaku kepala desa tidak mungkin melanggar peraturannya yang ada. Tentu saya mengikuti regulasi dan kriteria yang ada sesuai dengan aturan didalam nya.
Saat di singgung tentang unjuk rasa (demo) di balai desa yang dipimpinnya. sarkawi mengucapkan terimkasih atas unjuk rasa (demo) yang dilakukan oleh masyarakatnya artinya mereka selalu melirik dan mengawasi setiap kebijakkan yang saya lakukan” ujar sarkawi lebih lanjut.

 juga saya senang jika masyarakatnya kritis dibandingan apatis. tetapi sangat menyayangkan cara yang digunakan saat berdemo sehingga melakukan perusakan terhadap aset desa yang juga berarti aset negara.
Saya secara pribadi maupun kedinasan sudah memaafkan kejadian tersebut. Namun yang dirusakkan itu milik Negara tentu harus bertanggung jawab terhadap Negara.
Saya melihat warga saya sudah bisa mengkritik pemerintahan yang artinya warga desa saya ini sudah pintar serta peduli terhadap desanya.

namun dalam hal ini perlu saya tegaskan bahwa peserta unjuk rasa (demo) tidak mempersoalkan atau memprotes hasil musyawarah yang pertama iya itu 43 kk. Atau mempermasalahkan blt dd tahap pertama yang sudah disalurkan. tetapi mereka meminta kepada saya agar dimasukkan ke dalam penerima BLT-DD . Ini akan kita akomodir sesuai dengan aturan yang ada.
Harapan saya kedepannya marilah kita bersatu baik tokoh tokoh masyarakat tokoh pemuda tokoh perempuan untuk membangun Desa Lubuk Balam.
Saya tidak permasalahkan masyarakat memberikan kritik atau masukan yang sipatnya positif terhadap pemerintah desa lubuk balam tetapi harus dari sisi kajian yang benar-benar untuk membangun.
bukan berdasarkan ada kepentingan kelompok,pribadi, golongan ataupun terpengaruh oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab. Maka yang dirugikan adalah diri sendiri.
tetapi gunakan regulasi aturan yang ada. Sampaikan dengan lantang dan jelas Jangan lakukan pengrusakan seperti asset desa adalah miliki Negara jika milik Negara artinya milik kita bersama. Sampai aspirasi terlebih dahulu ke BPD yang merupakan wakil mereka berdasarkan Daerah pemilihan Masing-masing. Atau ke kepada kepala dusun (kadun). Jika kita sudah melakukan meyampaikan aspirasi itu sesuai dengan aturan yang ada tanpa pengrusakan di situlah orang-orang luar menilai kualitas atau sumber daya manusia desa (Masyarakat) tersebut.
Jangan terpancing dengan orang yang mau membuat kerugian. Melihat Desa tetangga Demo di kantor desa kita ikut juga. Sebagai warga Negara yang baik pasti sangat mentaati aturan pemerintah yang ada dan tidak ada satupun aturan atau perintah untuk merusak hak miliknya sendiri .

Camat air besi melalui sekcam Dairmansyah yang di temui di ruang kerjanya pada 16 Juni 2020 menjelaskan pihak kecamatan Air Besi sudah memberikan perintah kepada seluruh pemerintah desa di kecamatan air besi agar membuat daftar penerima bantuan BLT-DD, PKH, BST serta menempelkan di kantor desa masing-masing . Sekcam Kecamatan Air Besi itu juga mengharapkan Perangkat Desa dan BPD bekerja sama dalam mensosialisasikan ke masyarakat tentang bantuan BLT-DD agar masyarakat tahu layak atau tidak mereka menjadi penerima BLT-DD Tersebut.

author

Author: