Pemdes Senali Di Duga Sengaja Mark Up dana MCK bernilai fantastis.

VoiceBengkulu.Com . Seorang tukang bangunan warga desa senali yang tidak mau disebut namanya. sanggupi bangun MCK seperti  yang di bangun pemerintah Desa Senali Kecamatan Kota Arga Makmur Kabupaten  Bengkulu Utara dengan biaya 35 juta sampai selesai.


Setelah melihat gambar bangunan MCK yang sedang di bangun pemerintah Desa Senali.
Sebut saja bapak tukang itu bernama pak Cik  .Menurut  pak Cik Bangunan seperti itu bisa di hitung  dengan kasat mata berdasarkan pengalamannya bertahun-tahun sebagai tukang atau pemborong bangunan.
Pak Cik menuturkan dengan media ini saat mengerjakan  pembangunan rumah milik warga .
,” saya sanggup mengerjakan bangunan seperti yang di berita mas di media VoiceBengkulu.Com dengan nilai 35 juta rupiah terima beres. Termasuk bahan dan upah.” ujar pak cik.


Analisa nya begini ujar pak cik lagi. Pasir, koral dan batu masing2 satu rit paling mahal 1,5 juta = Rp 4,5 juta. Seng 2 kodi = 3 juta. Semen paling banyak 25 sak kita ambil dengan harga tertinggi Rp 100 ribu/ sak.= Rp 2,5 juta. Batu bata paling banyak 2000 buah dengan harga tertinggi Rp 1000= Rp 2 juta. Closed duduk 2 buah = Rp 1 juta. Bak air kecil 2 Buah = Rp 1 juta, Cat 4 galon =Rp 2 juta. Keramik lantai 12 kotak ditambah keramik dinding 24 kotak = Rp 3,6 juta.
Total bahan material  Rp 19,6 juta dan persiapan untuk beli bahan tak terduga Rp 5,4 juta. Semua bahan itu saya letakkan harga tertinggi.


Untuk upah pengerjaan seluruhnya termasuk penggalian septik tank saya siap dengan upah borongan 10 juta. Rinciannya seperti ini ujar pak Cik. Tiga orang membuat galian septik tank selama 3 hari dengan gaji Rp 200 ribu= Rp 1,8 juta .Pengerjaan bangunan orang 5 selama 15 hari dengan gaji Rp 100 ribu = Rp 7,5 juta jadi total upah Rp 8,7 juta. Sampai di sini saya bisa mengantongi  untung Rp 1,3 juta dengan hanya modal telunjuk saja apalagi  jika ikut bekerja bisa mendapat tambahan Rp 600 ribu dari penggalian lubang septik tank dan Rp 1,5 juta dari upah pekerjaan bangunan.
Pak cik berharap agar pihak inspektorat Bengkulu Utara untuk turun ke desanya untuk menyelidiki pembangunan MCK yang di nilai fantastis dan di duga mark up yang luar biasa.
Sementara itu sekdes  desa senali dan konsultan perencanaan pembangunan tidak ada jawaban hingga saat berita ini di tayangkan yang hubungi melalui aplikasi Whatsapp. Hanya di baca saja.
Saat akan di konfirmasi ke inspektorat Bengkulu utara.  Inspektur dan Irban yang membidangi wilayah Kecamatan Kota Argamakmur sedang tidak ada di kantor karena ada kegiatan pengawasan ujar staff informasi. Pada jum’at tanggal 21 Juni 2020 pukul 10:15 wib.

author

Author: