Musrenbangdes : Pemerintah Desa Tanjung Raman Utamakan Ekonomi Kerakyatan Dan Ekonomi Sosial.

Voice Bengkulu.com.Bertempat di kantor desa Tanjung Raman kecamatan kota Arga makmur Kabupaten Bengkulu Utara (24/12/2021).

Desa Tanjung Raman menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) Tahun 2022 dan daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (DU-RKP-Desa) Tahun 2023 dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan dalam implementasi Rencana Pembangunan Jangka menengah Desa (RPJM-Desa). Perencanaan Desa Tahun 2022 merupakan tahun keempat dari Program kegiatan RPJM-Desa tahun 2019-2025. Musyawarah perencanaan pembangunan desa ini merupakan rangkaian acara penyusunan RKP-Desa yang dimulai dari Proses Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan Tahunan yang telah dilaksanakan pembentukan tim penyusun RKP Desa Pencermatan Pagu Indikatif Desa dan penyelarasan Program/kegiatan yang Masuk Desa serta Pencermatan Ulang Dokumen RPJM-Desa oleh Tim penyusun RKP Desa yang telah dilaksanakan pada beberapa waktu yang lalu

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh unsur Pemerintah Desa, BPD, pengurus lembaga kemasyarakatan Desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, unsur perempuan dan juga stakeholder terkait, Iis wandi selaku PJs kepala Desa Tanjung Raman memaparkan bahwa kegiatan-kegiatan yang sudah dianggarkan di tahun 2021 ini belum semuanya terealisasi, hal ini dikarenakan adanya perubahan aturan dan instruksi dari Pemerintah terkait dengan Refocusing anggaran, sehingga kegiatan-kegiatan dimaksud menjadi prioritas kegiatan di tahun 2022 nanti. Selain itu, dalam penyusunan program kegiatan juga mempertimbangkan rekomendasi hasil Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021 yang Desa Tanjung Raman masuk dalam kategori Desa Mandiri. 
Dalam Musrenbangdes untuk tahun 2022 pemerintah desa lebih mengutamakan pembangunan sosial dan ekonomi kerakyatan diantaranya pembangunan ekonomi di bidang pariwisata serta pembangunan ekonomi di bidang peternakan.
Pemerintah desa Tanjung Raman juga telah mengadakan pelatihan untuk mendukung sektor ekonomi masyarakat, salah satunya pelatihan penetasan telur ujar Wanto yang menjabat sebagai sekretaris desa Tanjung Raman.

author

Author: