BLT-DD lubuk Lesung Tepat Sasaran.

VoiceBengkulu.com. Agar pendistribusian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tepat sasaran, Pemerintah Desa Lubuk  Lesung  Kecamatan Lais menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) untuk menetapkan masyarakat calon penerima. Bertempat di Balai Desa Lubuk Lesung,  rapat dihadiri Kepala Desa dan staf Pemerintahan Desa , Bhabin Kamtibmas, Babinsa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), BUMDes, serta tokoh masyarakat.

Dari hasil Musdesus yang dilaksanakan pada hari jum’at(5/6/2020) tersebut dicapai  kesepakatan bahwa penerima BLTD DD Tahun Anggaran 2020 yang diperutukkan bagi masyarakat terdampak Covid- 19 sebanyak 32 KK.

Kata Kepala Desa Lubuk Lesung Atma Wijaya bahwa dafar calon penerima BLT DD sebelumnya diperoleh dari hasil pendataan para Relawan Penanganan Covid- 19 Desa  melalui BPD, perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat Oleh karena itu ia memberikan apresiasi kepada para petugas yang telah melakukan pendataan.

“Terimakasih banyak kepada para petugas pencatat yang telah berjuang untuk melakukan tugas ini, meski tantangannya sangat berat dan mungkin mendapatkan banyak pertanyaan dari masyarakat. Memang dengan cara begitu, penetapan untuk calon penerima BLT. Sehingga nantinya tidak ada yang saling curiga”, jelasnya.

Nantinya, semua nama bakal calon penerima BLT DD didata dalam bentuk dokumen kemudian dikirim ke pihak kecamatan lanjut ke Bupati. Setelah mendapat pengesahan, Kades akan melakukan musyawarah penetapan bakal calon penerima BLT DD dan pembagian BLT-DD

Ia berharap bahwa dengan ditetapkannya nama calon penerima yang paling layak menerima BLT DD tersebut, tidak akan ada lagi kecemburuan sosial dan prasangka yang kurang baik di masyarakat Desa yang di pimpinnya.

Adapun penganggarannya mengacu pada Surat Edaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang telah mengalami perubahan menjadi Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Peraturan tersebut berubah menjadi Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 yang mengatur tentang penggunaan Dana Desa untuk pencegahan dan penanganan virus corona (Covid-19), Padat Karya Tunai Desa dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa).

Dari salinan Permen tersebut, khusus untuk BLT, Kemendes PDTT telah menerapkan mekanisme alokasi dan penyalurannya. , sebagai bentuk transparansi tentang perubahan APBDes, Pemerintah Desa  bersama Bhabin Kamtibmas dan Babinsa telah melakukan sosialisasi .
Untuk mengantisipasi penerima bantuan ganda, kami juga menyiapkan stiker yang ditempel dirumah warga penerima bantuan. Karena selain BLT masih banyak bantuan bantuan, baik dari propinsi, dari Kabupaten, PKH, BPNT dan CS

Rate this article!
author

Author: